Selamat Datang di blog onjor.blogspot.com... karena kesibukan akhir2 ini, blog saya tidak terupdate,,, harap maklum ya gan,,, Maaf bila ada fitur yang belum berfungsi karena masih dalam tahap pengembangan... Silahkan meninggalkan komentar atau chat dan akan segera saya tanggapi... Just enjoy it... terima kasih....
readbud - get paid to read and rate articles

29 September 2010

Peran Blogger Mandiri Dalam Menggerakkan Sektor Riil

Posted by sumintar


Peran Blogger Mandiri Dalam Menggerakkan Sektor Riil, disaat krisis moneter / krismon telah melanda dunia dan melanda indonesia, jika sektor riil kuat maka masalah ekonomi dan keuangan akan tangguh juga dalam menghadapi situasi apapun. Tidak hanya bank yang bisa menggerakkan sektor riil, blogger mandiri adalah suatu jawaban, tidak selamanya blogger itu hacker (kata siapa yah?).

Saya mungkin orang yang tidak pantas mengatasnamakan blogger, sebab saya ngeblog belum genap 7 bulan, sekali lagi saya minta maaf jika para blogger profesional tidak berkenan dengan ulah saya. Saya tidak bermaksud sok tahu dan sok pintar, saya hanyalah bagian dari petani miskin, blogger miskin, yang ingin sedikit berkarya, minimal bagi saya dan lingkungan saya sendiri. Jika tulisan ini sampai terbaca anda, pemeintah, partai politik, DPR itu hanyalah kebetulan.

Apa dan siapa blogger mandiri sudah saya tulis di artikel sebelumnya, agar tidak duplicate content maka tidak saya ulang, hari ini saya lebih menekankan ke peran blogger mandiri, peranan blogger Indonesia berdaya dalam menggerakkan sektor riil. Apa mungkin?, apa bisa? Jawab: Kenapa tidak.

Berikut adalah beberapa point barangkali bisa memberi pencerahan dari apa yang saya maksud peran blogger mandiri yaitu blogger yang dengan terpaksa harus cari uang dari bisnis online, bisnis di internet, untuk memenuhi kebutuhan dirinya sekaligus bisa membantu lingkungan sekitarnya. Kenapa terpaksa karena blogger tidak ada yang mau mengurus, tidak ada yang perduli, kadang untuk bayar akses internet saja harus berhutang atau mencuri akses.

Mengerakkan sektor riil lewat Blog / Website / Situs

Dengan kepintaran membuat website, bahkan toko online, iklan online, maka blogger juga bisa berperan aktif membantu Usaha kecil dan menengah (UKM) di daerah, desa , kecamatan, kabupaten, propinsi yang bersangkutan untuk memampilkan imformasi daerah setempat, produk local, produk unggulan, produk dan makanan kas daearah, kesenian khas daerah, pariwisata di lingkungannya, menampilkan kerajinan, pendidikan yang ada, dan informasi tentang sosial budaya dan ekonomi di daerah masing masing. Sebab kita tahu blogger sudah tersebar di seluruh Indonesia. Peran menampilkan informasi terkini apa saja tentang daerahnya sangat dibutuhkan, apalagi dengan biaya yang bisa ditekan semurah mungkin, dan ini sangat mungkin dilakukan oleh hampir semua blogger. Dengan banyaknya produk dan informasi yang titampilkan maka akan menjadi daya tarik sendiri dalam rangka menrik pengunjung, mendatangkan pengunjung dan pada akhirnya mereka bisa membeli dan memesan produk local tersebut, bahkan mengunjungi lokasi untuk berwisata. Menampilkan informasi yang ada belum cukup, maka perlu teknik promosi, teknik beriklan, terutama yang murah syukur kalau bisa gratis. Maka tenik SEO jawabanya.

Promosi Gratis Koten Local untuk Nasional dan International Lewat SEO

Search Engine Optimization alias SEO. Saat ini para blogger udah pada Jagoan SEO, yang baru juga udah mulai Belajar SEO, teknik teknik SEO dan Jurus SEO bisa digunakan untuk mengiklankan produk koten local yang saya sebutkan di atas. Dengan demikian produk local tersebut segera dikenal oleh masyarakat luas bahkan dunia International. Nah disini terlihat peran blogger sangat dibutuhkan, Selain iklan biaya Murah bahkan gratis, blogger itu suka menulis, apalagi blogger yang menganut aliran SEO tangan Gatal (weleh promo juga)

Sumbangan dan Karya Nyata Blogger Mandiri

Karena blogger mandiri itu mendapat banyak duit dari internet terutama luar negeri dalam bentuk dollar, maka tentu saja secara tidak langsung turut menyumpang devisa, terlepas dari bayar pajak atau tidak bayar pajak. Kebanyakan blogger yang berpenghasilan dia akan bantu adik, kakak, saudara dan orang tua dan lingkungan sekitarnya. Bahkan ada yang berzakat dari hasil bisnis online. Konon ada blogger yang bisa menyekolahkan adiknya, bahkan lebih dari itu ada beberapa blogger sudah membuat usaha yang mempekerjakan beberapa orang. Membuat pelatihan Internet baik gratis dan berbayar. Ada juga blogger yang nengoutsourcekan pekerjaan ke orang lain misalkan ke jasa content writer. Juga saya lihat banyak blogger yang mengadakan kontes, kontes menulis dan kontes SEO dimana ada hadiah baik dollar maupun hadiah yang lain. Peran ini sekaligus bisa membantu pemerintah mengentas kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja baru.

Karya Nyata Blogger Dalam Pengembangan Iptek dan IT

Saat ini banyak tip dan trik yang dibuat oleh blogger sangat membantu orang lain, blogger pemula. Silahkan blogwalking. Bloggerlah komunitas yang banyak melakukan share ilmu, tukar menukar informasi, saling berlomba dalam penemuan iptek dan IT. Teknik teknik tertentu sudah banyak di share oleh para blogger. Saya sendiri dalat theme gratis juga dari blogger, bisa sedikit teknik SEO juga dari para blogger, yang paling berkesan adalah dapat cari duit dari ilmu para blogger yang baik hati.

Blogger adalah Komunitas Yang Suka Silaturahmi

Hukum blogger sukses adalah blogger yang sering silaturahmi, silaturahmi identik dengan proses datangnya rejeki, datangnya ilmu, peningkatan trafik pengunjung. Luar biasa sistem sendirilah yang membentuk. Hukum positip berlaku disini, siapa yang banyak membantu dia juga akan banyak dibantu, siapa yang banyak memberi share dialah yang akan mendapat share dari orang lain. Silaturahmi adalah ciri kas orang Indonesia. Sambil silaturahmi sekaligus memperkenalkan budaya setempat, produk unggulan setempat, sambil menyelam minum air, sambil silaturahmi sekaligus promosi dengan meninggalkan link blog ke blog kita.

Sarya sering mendapat tamu yang tidak diundang lewat YM, bertanya sekaligus memberi saran dan sekaligus memberi ilmu baru, luar biasa, banyak sekali blogger yang baik hati. Terima kasih, sekali lagi terima kasih atas kunjungan, kritik dan saran anda. Kunjungan anda sangat berarti bagi saya.

Jika ada yang tidak berkenan saya mohon maaf,

Dari Petani Internet Indonesia

Sumintar.com


3 Komentar:

cari tau yuk...!!! mengatakan...

mangtaps

AriE ONly mengatakan...

Temanya keren, peran blogger mandiri.. menjadikan ngeblog sebagai trensetter yg bisa menghasilan manfaat baik itu materi maupun silaturahmi..

Salam kenal mas ^__^

onjor mengatakan...

@arie_salam kenal juga mas... tema'x hasil copas neh mas, maklum masih newbie, belum ada bahan...
thanx udah mampir...

Posting Komentar

bos, klu udah selesai baca, dikomen dlu sebentar yach...
komentar anda sangat membantu dalam memajukan blog ini... :)

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More