Selamat Datang di blog onjor.blogspot.com... karena kesibukan akhir2 ini, blog saya tidak terupdate,,, harap maklum ya gan,,, Maaf bila ada fitur yang belum berfungsi karena masih dalam tahap pengembangan... Silahkan meninggalkan komentar atau chat dan akan segera saya tanggapi... Just enjoy it... terima kasih....
readbud - get paid to read and rate articles

29 September 2010

Mengapa kita harus terbiasa untuk bangun pagi?

Ada beberapa alasan yang membuat bangun pagi sangat penting untuk kesehatan dan tentunya meningkatkan kedisiplinan kita sehari - hari. Setelah beberapa hari semenjak memulai menciptakan blog ini walau masih dalam konteks copas (hehehe), sangat menguras tenaga, waktu, dan fikiran saya. Salah satunya dengan begadang semalaman -karena jaringan wireless ga lemot- membuat saya harus tidur sampai kesiangan.

Setelah beberapa hari begadang semalaman, memang terasa sekali adanya perubahan pola tidur membuat badan lemas, ga semangat, dan tentunya makan jadi tidak teratur.
Akhirnya saya "menyadari" begadang semalaman jelas tidak baik buat kesehatan, kecuali ada gunanya... hehehe...

Berikut beberapa alasan kenapa kita harus bangun pagi yang dicopas dari vivanews.com:

Udara segar
Nikmati udara pagi yang segar dan tidak terlalu banyak terpolusi. Hirup dalam-dalam untuk menyuplai oksigen ke otak. Dengan suplai oksigen yang mencukupi, otak akan bekerja lebih baik. Pada pagi hari, menjelang fajar menyingsing, udara masih mengandung gas ozon yang baik untuk mencegah kerusakan paru-paru, menyumbatan pembuluh darah, memperlancar peredaran darah, meningkatkan kekebalan tubuh, terapi diabetes, asma, alergi, penyakit jantung, serta merangsang urat syaraf bekerja dengan baik.

Sinar matahari
Cahaya matahari pagi yang hangat sangat penting untuk tubuh. Sinar mentari pagi kaya vitamin D yang baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Dengan memperoleh matahari pagi, Anda bisa mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.
Bagi para pria, vitamin D sangat penting untuk meningkatkan kesuburan sperma. Selain itu, matahari pagi juga baik untuk kesehatan kulit karena tidak mengandung sinar ultraviolet yang bisa memicu kanker kulit.

Sarapan
Banyak orang melewatkan sarapan dengan alasan tak ada waktu. Padahal sarapan sangat penting untuk menyuplai energi tubuh dan fungsi kerja otak. Tanpa sarapan, tubuh akan lemas dan kurang energy. Otak pun tak dapat bekerja dengan optimal.
Jika Anda bangun pagi, tentu tak perlu melewatkan sarapan. Anda akan punya lebih banyak waktu untuk menyiapkan sarapan dan bekal ke kantor atau pun bekal si kecil ke sekolah.

Olahraga
Bila selama ini Anda tak sempat olahraga, bangun pagi adalah solusi yang tepat untuk memulai kebiasaan sehat berolahraga. Udara pagi yangmasih segar dan sinar matahari yang hangat membuat aktivitas olahraga pagi lebih menyenangkan. Lakukan senam ringan dan peregangan untuk melemaskan otot-otot dan meningkatkan suplai oksigen ke otak. Anda pun siap melakukan aktivitas dengan tubuh bugar.

Kerja otak dan produktivitas kerja
Pagi hari adalah saatnya otak bisa bekerja lebih optimal. Di pagi hari, otak memproduksi hormon yang membuat daya ingat lebih tajam. Hormon tersebut memperbaiki kuantitas, kualitas dan daya guna sel-sel otak dengan cara meningkatkan pengantaran asam amino dari darah ke otak. Hal itu membuat sel-sel syaraf di otak bisa menangkap informasi lebih cepat dan menyimpannya lebih lama.


Kurangi stres
Kesegaran udara pagi, hangatnya matahari dan suasana yang masih cukup tenang membuat mood lebih baik. Dengan menikmati suasana pagi yang segar, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membuat suasana hati lebih baik. Sehingga Anda bebas stres dan lebih semangat menghadapi tantangan hari itu.

So, buat teman - teman yang suka begadang semalaman -termasuk saya tentunya- mari mulai membiasakan diri bangun lebih pagi...


11 Komentar:

Erianto Anas mengatakan...

Waduh! Saya benar-benar KO nih mas. Karena jangankan bangun pagi, malah baru tidur setelah pagi hari. Karena bloggingnya sampai pagi.. haha!

Hmm.. kalau baru 2 hari blogging sdh begini sudah hebat nih mas. Selamat blogging ya mas. Semoga blognya akan cepat maju!

Unknown mengatakan...

semoga cepat berkembang ya mas boss...mas anas dah namgkring sini ternyata...hahhaa...lele

onjor mengatakan...

Baru tidur setelah pagi mas..? Wach, saya salut perjuangan'x sampai jadi blogger expert rupa'x harus berjuang extra yach... patut ditiru toech mas... :)

Iyea mas, baru 2 hari cuma hasil'x yach seperti ini, masih banyak yg harus dibenahin n dipelajarin... Mohon bimbingan'x yach mas, tengkyu perimac atas semangat'x n sudah mau mampir ke blog sya... Sukses slalu...

onjor mengatakan...

@belantara indonesia_wach, saya pengen tukaran link n sejenis'x, tpi saya belum faham betul mas, maklum masih belajar... :)


thanx buat support'x n udah mampir mas, sukses slalu...

Anonim mengatakan...

mungkin penyebabnya karena aq sering melewatkan sarapan pagi kalee yah boss :)

AriE ONly mengatakan...

hehehe.. pengalaman, begadang karena nunggu internet yg lumayan kenceng di malam hari... bis siangnya lemot bener pas pake modem sma** (sensor)

emg bener, gak bagus buat kesehatan sering begadang, tp klo ada manfaatnya gpp juga...

salam kenal mas, tukeran follow bisa mas?.. sama2 newbe kita...hehe..

onjor mengatakan...

@mas arie only_yach begitu lach mas klu mengandalkan modem wireless, mbuat saya n mungkin teman2 lain menjadi "night warrior blogger"...

salam kenal juga buat mas (masa sich newbie, kayak'x udah expert toech, td sya surfing ke blog'x mas, nice blog, top abis...)...
tukeran follow, wach, saya senang toech mas... hehehe... oke mas, akan sya follow secepatnya...

kunci Vga mengatakan...

kl aku pagi sih bangun bt solat subuh doank trus tidur lagi....

onjor mengatakan...

@kunci VGA_ga ikut berjuang buat ngehindarin jaringan lemot dnk... :)

thanx yach gan udah mampir, sya segera kunjungan balik... pengen tukaran link, tpi msih blom faham gan, masih minta petuah dari mbah (google)... :)

Agoest Widodo mengatakan...

mas baru 2 hari..saya baru 2 bulan..yach beda2 dikit tulisan belakangnya aja....
mau jadi seperti blog kang anas mas?...
mudah koq tipsnya...
perbanyak musuh......
ha..ha...ha....
terserah ntar musuh suka apa nggak,yang penting trafict naik...!

onjor mengatakan...

@widodo_salam kenal mas n thanx udah mampir, ntar kita saling follow yach... :)

mas udah 2 bulan yach, wach brarti dah bisa dibilang expert dnk... hehehe...
wach, boro2 masalah traffict mas, neh zha masih harus belajar ngedit dan mbuat kolom link, jujur, pening jga mas... :(

tips buat perbanyak musuh boleh juga toech, tpi ntar dlu lach mas karna kita sesama blogger khan harus saling support n share ilmu... But, thanx buat saran n silaturahmi'x, sukses slalu...

Posting Komentar

bos, klu udah selesai baca, dikomen dlu sebentar yach...
komentar anda sangat membantu dalam memajukan blog ini... :)

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More